Menerapkan Konsep Green Building

Seiring perkembangan jaman, perkembangan pola pikir dan sumber daya manusia semakin meningkat. Dengan meningkatnya perkembangan SDM maka mengubah cara pandang atau pemikiran manusia.

Contohnya permasalahan tentang lingkungan menjadi topic yang lebih sering dibahas pada beberapa tahun belakangan ini. Kata go green lebih sering kita dengar, konsep go green atau ramah lingkungan muai di impelementasikan oleh semua aspek dan bidang kehidupan manusia, salah satunya di bidang arsitektur dan konstruksi bangunan.

Salah satu pengimplementasian go green terjadi pada green building atau bangunan hijau menjadi topik hangat yang sering diperbincangkan oleh para pakar dan mulai diterapkan pada gedung komersil maupun milik Pemerintah dan perumahan rakyat.

Dan konsep go green ini menjadi perhatian pemerintah terutama pada implementasi PLTS di bangunan atau perumahan rakyat, hal ini tercatat pada peraturan menteri yang di terbitkan Pemerintah Indonesia, Peraturan Menteri No. 49 tahun 2018 mengenai penggunaan PLTS atap yang dapat tersambung dengan jaringan PLN.

Tujuan dari kebijakan ini adalah mendorong penggunaan energi terbarukan dalam usaha mengurangi emisi gas karbon. Secara umum kebijakan ini memuat persyaratan dan prosedur pemasangan PLTS Atap dari para pelanggan PLN.

Dengan penerapan PLTS bisa terbukti lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar fosil sehingga dapat meminimalkan emisi gas buang. Dengan demikian, sebuah PLTS diharapkan tidak hanya dapat menghasilkan listrik dengan biaya operasi yang rendah dalam jangka panjang, namun juga dapat memberikan kontribusi dalam menjaga keseimbangan antara pemanfaatan dengan pelestarian lingkungan hidup dan lingkungan sosial.

Serta dengan adanya dukungan Pemerintah untuk menerapkan PLTS atap di perumahan rakyat dan gedung komersil maupun gedung pemerintah, maka di harapkan banyak dari masyarakat kita yang turut berpartisipasi dalam usaha mitigasi perubahan iklim dan sebagai Negara Berkepulauan, Indonesia menjadi salah satu negara yang rentan dengan dampak perubahan iklim.

Jadi mari kita turut menjaga lingkungan dengan turut meneruskan seruan go green di masyarakat dengan salah satu konsep green building yang di percaya dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

LAMPU SOLAR PANEL UNTUK PEKARANGAN RUMAH

Hello guys, kali ini aku akan kasih tau perihal lampu penerangan pekarangan rumah atau bisa dibilang penerangan untuk sekitar rumah menggunakan lampu solar panel. Lampu solar panel mulai dikembangkan dari mulai lampu jalan yang menggunakan kapasitas lebih besar, maka untuk lampu penerangan pekarangan rumah dibuat lebih kecil dayanya atau kapasitas watt-nya.

Lampu solar panel untuk pekarangan rumah ini hampir sama fungsinya seperti lampu jalan yang menggunakan solar panel hanya ada diperbedaan ukuran lampu dan kapasitas dayanya. Biasanya lampu untuk pekarangan rumah bisa dipasang di depan rumah, taman, atau di garasi .

Nah, lampu solar untuk pekarangan rumah ini ada berbagai macam, ada untuk lampu taman solar panel dan ada lampu Solar Wall . Kalau untuk lampu taman solar panel, kalian pasti sudah tahu apa yang dimaksud dengan lampu taman ? Ya ini seperti lampu taman pada umumnya hanya diatas lampu LED nya ada tambahan solar panel untuk penyerapan energinya.

Lampu taman solar panel ini di desain sangat unik karena selain lampu LED yang digunakan dan solar panel, di lampu ini juga menggunakan battery lithium dan disesuaikan kapasitas dayanya. Untuk lampu taman solar panel ini jauh lebih mudah digunakan untuk yang memiliki taman dengan ukuran yang luas atau tidak ada sumber aliran listrik diwilayah taman tersebut.

Dengan menggunakan solar panel ini maka untuk penerangan taman sudah tidak membutuhkan aliran listrik lagi cukup diletakan ditempat yang terkena matahari dan tombol on/off nya sudah akan otomatis. Sistem ini pun membuat lampu taman solar panel ini menjadi pilihan alternatif ketika penghuni rumah lebih sering berpergian. karena tidak perlu repot-repot untuk menghidupkan dan menyalakannya .

Untuk lampu pekarangan rumah yang selanjutnya ada Solar Wall. Kalian pasti belum tahu ya untuk produk ini, iya produk ini ditempatkan pada tempat yang membutuhkan cahaya tetapi juga harus terkena sinar matahari. Biasanya produk ini dipasang di dinding yang ada disamping jalan, pinggiran canopy garasi atau dipasang ditaman kecil yang ada tiangnya.

Produk ini dibuat sesimple mungkin dan bentuknya minimalis harganya pun relative murah tapi untuk fungsinya jangan diragukan ya, karena ini membantu untuk penerangan depan rumah anda dan produk ini menggunakan solar panel yang artinya jika ada pemadaman listrik maka di depan rumah anda akan tetap menyala bisa difungsikan sebagai emergency lamp loh .

Pembangkit Listrik Tenaga Matahari (PLTS)

Mengulas pembangkit listrik tenaga matahari atau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Bagi anda yang tertarik memiliki PLTS pribadi dengan harga terjangkau, segera hubungi JARWINN SOLAR ENERGY.

Matahari adalah bintang di pusat tata surya kita . Ketika anda mendengar kata “Matahari” apa yang ada dipikiran anda ? Bintang, terang, cahaya, sumber kehidupan.

Ya, ketika kita membicarakan matahari bukan hanya fungsinya saja tapi ada manfaat yang kita dapatkan dari matahari. Matahari menjadi kebutuhan dalam kehidupan manusia selain air, matahari juga merupakan pusat utama dalam tata surya dan memiliki cahaya sinar surya tanpa batas.

Matahari membantu manusia untuk terus hidup bahkan bukan hanya manusia, tumbuhan serta hewan pun membutuhkan matahari . Dalam hal ini matahari bisa dibilang menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan.

Selain memiliki fungsi dan manfaat yang menakjubkan matahari baru-baru ini memiliki manfaat yang jauh lebih besar.

Salah satunya sebagai pembangkit listrik tenaga surya.

Ditangan para Ilmuwan, cahaya matahari yang begitu banyak dan berlimpah dimanfaatkan menjadi sumber energi listrik. Di jaman yang saat ini kita hidupi, kita masih menggunakan energi listrik yang dihasilkan oleh fosil.

Tapi untuk sumber energi ini jika digunakan terus menerus akan habis, maka dari sinilah para ilmuwan berfikir bagaimana caranya mendapatkan energi yang dioleh dan diproses dengan sumber yang tidak akan habis. Ya, lalu terfikirlah menggunakan matahari .

Matahari ini menjadi pilihan tepat sebagai sumber energy listrik karna tidak akan habis dan tidak merusak lingkungan. Energi Listrik dari matahari ini pun disebut Pembangkit Listrik Tenaga Surya .

Dalam hal ini matahari menjadi point utama, dalam prosesnya dibutuhkan alat alat yang membatu cahaya yang dihasilkan oleh matahari bisa diubah menjadi energy listrik.

Energi listrik yang dihasilkan oleh matahari saat ini sudah berkembang pesat, banyak orang yang mulai beralih menggunakan energi ini. Energi yang dihasilkan oleh matahari sangat baik karena tidak merusak lingkungan. Tapi untuk saat ini ketika orang ingin menggunakan energy ini masih terhalang dengan biaya.

Jarwinn menyediakan solusi pemasangan PLTS di rumah maupun kantor anda dengan biaya yang relatif terjangkau dan merupakan investasi jangka panjang yang dapat memberikan hasil balik berlipat ganda di kemudian hari.

Untuk informasi lengkap mengenai produk dan proses pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Jarwinn, anda dapat menghubungi kami segera di sarana media kontak yang telah kami sediakan. Ingat, sinar matahari adalah sumber energi GRATIS.

Lampu Sinar UV Anti Virus Corona

Ada Lampu untuk anti Virus Corona ?? Sinar UV dan Ozone ?

YESS..

Yuk mari kita mengenal soal istilah fungsi lampu sinar UV dan Ozon ini.

Ada yang tahu fungsi lampu sinar UV/ UV light dan Ozon itu zat apa ya ? Apakah keduanya berbahaya ? Sebenarnya, sinar UV adalah sinar matahari yang sampai ke bumi. Sedangkan ozon adalah lapisan luar bumi yang terbentuk dari sinar matahari dan atmosfer bumi.

Baik sinar UV dan Ozon adalah zat yang berbahaya bagi manusia namun akan sangat bermanfaat untuk fungsi kesehatan dan sterilisasi atau belakangan ini disebut lampu anti virus , germs , tungau dan sejenisnya.

Jika berbahaya, apakah berarti kedua zat tersebut tidak memiliki manfaat, khususnya bagi manusia ? Ternyata, meski fungsi lampu sinar UV sering kita dengar sebagai zat yang berbahaya bagi kulit, sinar UV juga memiliki manfaat bagi manusia. Begitu pula ozon yang terbukti dapat membunuh kuman/germs/ virus dan sejenisnya.
Apa sih lampu Sinar UV dan Ozon bisa untuk sterilisasi ruangan ?

Fungsi Lampu Sinar UV Light

sinar uv light

Sinar UV, seperti yang dijelaskan di atas, adalah sinar matahari yang sampai ke bumi. Sebanyak 10% dari jumlah sinar matahari yang datang adalah sinar UV, dengan pembagian sinar UV A sebanyak 9,8% dan sinar UV B sebanyak 0,2%.

Sinar UV B lah yang memberikan dampak berbahaya bagi kulit. Adapun sinar UV C tidak sampai ke bumi dan panjang gelombangnya lebih kecil.

Bila fungsi lampu sinar UV berupa gelombang elektromagnetik, maka ozon berupa gas, atau lebih tepatnya gas beracun. Namun Ozon atau nama kimianya O3 lebih banyak diketahui sebagai penyaring sinar UV yang dipaparkan matahari ke bumi.

Selain itu, karena berada di atmosfer pada lapisan stratosfer, gas ozon berfungsi melindungi bumi dari pengaruh benda-benda luar angkasa.

Meski ada potensi berbahaya, namun keduanya memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Sinar UV dapat membantu memproses sintesis vitamin D di dalam tubuh agar dapat dimanfaatkan oleh sel-sel di dalam tubuh kita. Vitamin D ini akan meningkatkan daya tahan tubuh kita untuk melawan berbagai macam virus dan bakteri berbahaya seperti virus Corona.

Sedangkan Sinar UV B akan mengaktifkan kolestrol yang akan memberi energi untuk sintesis. Jika kekurangan vitamin D bisa membuat peningkatan risiko insulin resisten, diabetes melitus hingga penyakit lainnya.

Selain itu, fungsi lampu sinar UV sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan untuk mensterilkan alat-alat medis dan ruang operasi. Ini karena sinar UV dapat membunuh mikroorganisme seperti virus, bakteri, kuman dan jamur.

Sinar UV juga dimanfaatkan sebagai alat perangkap serangga atau bug zapper khususnya di Rumah Sakit saat ini sudah menggunakan fungsi lampu sinar UV untuk mensterilisasi ruangan untuk ukuran 40 meter dengan kurun waktu yang bisa disetting 15 menit – 60 menit cara pemakaian lampu anti virus.

Gas ozon, memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Ozon terbentuk dari interaksi antara fungsi lampu sinar UV dengan molekul Oksigen atau O2.

Sebagai oksidator kuat, ozon dapat mengurangi konsentrasi apapun dan menghentikan pertumbuhan virus dan mikroorganisme lainnya sehingga cocok jika disebut lampu anti virus.

Lampu Sinar UV Pencegah Virus Dan Bakteri

lampu sinar uv membunuh virus dan bakteri

Jarwinn memanfaatkan fungsi lampu sinar UV dan ozon untuk layanan terbarunya, MicroTech Ray. Teknologi sterilisasi udara dalam ruangan dengan metode penyinaran ini dapat membunuh mikroorganisme dengan efektivitas hingga 99,99%.

Produk ini juga sudah ada uji klinis di microbiology di GMRICO Testing, dengan analysis dan test result terbukti membunuh kuman , microbiology Escherichia coli, ATCC 6538, Staphylococcus aureus , Candida Albicanss / ATCC 10231 dan virus lainnya dengan efektivitas 99.999% sehinga bisa disebut lampu anti virus.

hasil uji coba lampu uv anti virus

Produk ini dapat di beli di seluruh kota , dengan pengiriman extra cepat ke seluruh kota Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Depok, Surabaya, Bandung, Bali.

Sangat direkomendasi kan menggunakan lampu sinar UV light di perumahan, perkantoran, rumah sakit, posyandu, puskesmas, hotel , restoran, serta berbagai area yang di perkirakan memiliki potensi terdapat virus atau bakteri yang beredar.

Jadi tunggu apa lagi ?? Lebih baik mencegah daripada berobat. Dapatkan lampu sinar UV anti virus Corona sekarang juga, hanya di Jarwinn.

RUMAH SEHAT RUMAH RAMAH LINGKUNGAN (ECO-HOUSE) DENGAN PLTS & SOLAR CELL

Dapatkan rumah ramah lingkungan (eco-house) dengan memasang PLTS dan solar cell dari Jarwinn.

Seiring berjalannya waktu, konsep arsitektur rumah terus berkembang memenuhi keinginan manusia. Konsep rumah zaman dahulu yang selalu identik dengan unsur mistik dan budaya banyak digantikan dengan rumah modern yang mengedepankan kebutuhan pada saat ini.

Kita bandingkan saja konsep rumah adat, era 1900 an, tahun 60′ an, dan rumah-rumah pada saat ini. Maka akan terlihat konsep yang sangat kontras dari segi kebutuhan dan pemaknaan nilai sebuah bangunan rumah.

Sebelumnya pernah anda mendengar rumah dengan konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan. Rumah ramah lingkungan merupakan rumah dengan konsep yang menunjukan rumah yang menjaga lingkungan hidup, seperti penghematan air dan listrik. Konsep rumah ramah lingkungan dapat memberi dampak pisitif bagi lingkungan dan keluarga anda.

Salah satu konsep yang kalian bisa terapkan untuk mejadikan rumah dengan konsep ramah lingkungan, yakni dengan mengurangi pemaakian listrik PLN dirumah dengan memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah di Negara kita. Salah satunya dengan menerapkan ini di rumah anda.

Sistem solar cell atau PLTS salah satu sistem terbarukan yang digunakan sebagai sumber energi listrik. Panel ini akan bekerja dengan mengubah energi matahari menjadi energi listrik, bisa diletakkan pada atap rumah di bagian Timur dan Barat sehingga dipastikan mendapat energi matahari.

Penggunaan PLTS atau solar cell dirumah dengan sumber utama matahari, banyak masyarakat urban saat ini mulai memikirkan bagaimana mereka bisa ikut menyumbang untuk menurunkan konsumsi energy bumi.

Solar cell yang ditempatkan pada kediaman anda pun bisa tetap diintegrasikan dengan sistem smart grid, PLN, dan juga baterai. Dengan sistem ini, listrik dari solar cell, PLN, dan yang tersimpan di baterai dapat saling mendukung tanpa jeda untuk daya listrik di rumah.

Lalu bagaimana cara solar cell dapat tetap grid dengan PLN dan battery?

Misalkan, bila rumah sedang menggunakan listrik dari PLN lalu tiba-tiba listrik tersebut padam, daya dari baterai dapat mendukung dan menyuplai listrik ke rumah. Begitu pun sebaliknya. Sistem ini juga membantu untuk menentukan prioritas pemakaian listrik. Seperti pada saat siang hari, listrik di rumah bisa berasal dari produksi panel cell. Dan biasanya untuk siang hari beban pemakaian listrik lebh rendah dibandingkan malam hari, maka kelebihan produksi panel surya dapat di atur untuk disimpan di dalam baterai bila dirumah memakai battery bukan genset, dan setelah baterai pun penuh, selanjutnya anda bisa memilih untuk “menjual” kelebihan beban daya tersebut ke PLN.

Tentunya memilih solar cell sebagai salah satu alternative penghematan listrik dan mewujudkan konsep rumah yang ramah lingkunga juga dapat berfungsi memantulkan radiasi panas bumi. Mungkin untuk saat ini investasi awal untuk penggunaan PLTS dirumah masih relative mahal, namun masyarakat urban saat ini akan berfikir bahwa rumah dengan konsep ini akan berguna untuk jangka panjang sehingga biaya pengeluaran listrik ke depannya lebih murah dan ramah lingkungan.

Tagihan Listrik Membengkak Di Tengah Pandemi Corona

Hello everyone .. masih stay at home or stay or office ? hehehe .. baru baru ini pemerintah mengeluarkan instruksi untuk stay dirumah saja, mulai dari aktifitas sekolah, bekerja sampai ibadah semua dilakukan dari rumah, tapi tanpa sadar ketika melakukan aktifitas dirumah saja maka pemakaian listrik dirumah akan sangat banyak dan menjadikan tagihan listrik membengkak naik.

Mulai yang biasanya AC digunakan hanya malam hari ketika akan tidur maka sekarang AC dinyalakan 24 jam karna kita berada diruangan itu atau stay seharian diruangan itu, bukan hanya AC biasanya pemakaian lampu, kompor listrik bahkan seperti televisi pun bisa ikut digunakan seharian. Tanpa sadar bekerja dirumah malah menaikan tagihan listrik.

Lalu dari sini semua orang akan sadar bagaiman caranya menggunakan listrik dengan kapasitas banyak tapi tidak menaikan tagihan listrik. Secara logika itu tidak mungkin karena jika pemakaian banyak maka tagihan listrik pun akan banyak itulah realistisnya.

Beberapa orang mulai mencari cara untuk system penghematan ini dan mempunyai caranya masing-masing. Mulai dari mengurangi penggunaan listrik sampai tidak menggunakannya. Tapi di jaman yang serba modern ini ada 1 system yang jika anda menggunakan listrik banyak tapi tidak akan menaikan tagihan listrik secara signifikan yaitu dengan menggunakan system solar panel.

Eistss ini berbeda yaa guys dengan solar water heater, untuk system solar panel ini bisa digunakan kapasitas rumah tangga . Semua beban elektronik yang digunakan dirumah bisa dibantu penggunaannya dengan solar panel. Mulai dari air hingga AC pun bisa diabntu dengan solar panel. Untuk sistemnya ini ada beberapa jenis mulai untuk system penghematan, system backup, atau pun independent.

Nah ini dia .. jika anda tidak bisa meminimalisir pemakaian beban anda cobalah menggunakan system solar panel dengan system penghematannya. Disini fungsi solar panel membantu pemakaian anda, yang tadinya beban yang anda gunakan dibantu dengan PLN maka ini dibantu dengan Solar Panel. Untuk system penghematan ini solar panel hanya membatu PLN bukan berarti menggantikan.

Bagaimana caranya bisa dikatakan pakai solar panel itu termasuk penghematan energi listrik dan bisa mengurangi biaya tagihan PLN ?

Begini .. solar panel berfungsi menyerap panas matahari yang menjadi faktor utama sebagai pembangkit listrik di sistem ini, lalu dibantu dengan alat pendukung lain seperti inverter dan sebagainya.

Jika anda menggunakan system penghematan maka system ini ada system yang combine dengan PLN (jalur Instalasi) lalu daya yang dihasilkan dri solsr panel berjalan berbarengan dengan PLN. Nah disaat ini lah yang tadinya beban menggunakan PLN dibantu menggunakan solar panel maka yg tadinya menjadi tagihan listrik naik karna dibantu pakai solar panel maka tagihan itu pun berkurang.

Banyak orang yang masih awam untuk menggunakan penghematan listrik menggunakan solar panel tapi saat ini penggunaan solar panel dan panel surya sudah semakin mewabah ke area perkantoran dan perumahan di Indonesia.

Penghematan Tagihan Listrik Dengan Sistem On Grid Panel Surya

Ketahui cara menghemat tagihan listrik anda dengan menggunakan sistem on grid panel surya Jarwinn.

Potensi penggunaan panel surya di Indonesia sebagai suatu sumber energi alternatif masih belum sepenuhnya dimanfaatkan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu nilai investasi yang cukup tinggi di awal, dikarenakan terdapatnya komponen-komponen panel surya yang masih diharuskan untuk impor dari luar negeri.

Akan tetapi, jika anda mempunyai tabungan atau budget lebih untuk penghematan tagihan listrik anda di masa depan, penggunaan panel surya merupakan satu-satunya cara untuk menghemat listrik anda.

Penghematan Tagihan Listrik, Sistem On Grid, Panel Surya

Gambar 1. Pemasangan Panel Surya Sistem Ongrid

Penghematan tagihan listrik menggunakan panel surya merupakan satu satunya cara untuk menghemat tagihan listrik anda. Terdapat beberapa sistem pada penggunaan panel surya, salah satunya yaitu sistem On Grid.

Sistem On grid panel surya merupakan suatu sistem yang mengandalkan cahaya matahari sebagai sumber listrik yang nantinya akan diubah menjadi tegangan listrik searah ( DC ) oleh panel surya, setelah itu akan diubah kembali menjadi tegangan listrik bolak balik ( AC ) yang nantinya akan disalurkan ke beban pemakaian listrik di rumah anda seperti TV, Kulkas, AC, Lampu, dll.

Pada sistem On Grid Panel Surya, anda mendapatkan listrik gratis dari panel surya selama matahari bersinar atau dari pagi sampai sore hari ( dari pukul 7.00 – 18.00 ), nantinya, pada penggunaan malam harinya, anda menggunakan listrik dari PLN secara otomatis dari inverter (alat mengubah tegangan searah (DC) menjadi tegangan bolak-balik (AC).

Sistem panel surya tidak akan menyuplai listrik sebesar 100%, akan tetapi sebesar 80% yang akan disuplai, sedangkan 20% sebagai loss atau rugi-rugi dari suatu alat.

Sebagai contoh, kapasitas listrik di rumah anda sebesar 2200 Watt, dan anda memakai sistem On Grid Panel Surya sebesar 2000 Watt, maka, listrik yang disuplai dari panel surya sebesar 80% atau sebesar 1600 Watt. Sistem On Grid Panel Surya memiliki kekurangan yaitu ketika terjadi maintenance pada PLN, maka sistem on grid panel surya akan mati. Hal ini dikarenakan jika Panel surya tetap menyuplai listrik ke rumah anda, ada kemungkinan akan terjadi kerusakan pada sistem PLN yang sedang diperbaiki dan dapat membahayakan petugas PLN itu sendiri.

Penghematan tagihan listrik menggunakan Sistem On Grid Panel Surya diklaim dapat menghematan tagihan listrik anda hingga mencapai 30 – 40%. Namun, jika anda menggunakan baterai pada sistem ini, makan anda dapat menghemat sebesar 40 – 50%.

Dalam jangka waktu 6 sampai dengan 10 tahun, anda sudah mendapatkan balik modal pada investasi anda dengan mengunakan Sistem On Grid Panel Surya.

Pemasangan yang mudah serta maintenance pada panel surya yang mudah dengan cara hanya membersihkan lapisan panel dengan air dalam jangka waktu maksimal 3 bulan, bukankah sudah saatnya anda beralih menggunakan panel surya?

Untuk info dan pemasangan Sistem On Grid Panel Surya untuk menghemat tagihan listrik anda, segera hubungi kami melalui sarana media kontak yang telah kami sediakan di website ini.

Solar Panel Indonesia

Solar Panel Indonesia. Jarwinn jual berbagai komponen utama untuk sistem solar panel baik digunakan pada perumahan maupun industri di Indonesia.

solar panel indonesia

Solar Panel Indonesia

Pada artikel kali ini, Jarwinn akan mengulas beberapa komponen penting pada suatu sistem listrik solar.

Beberapa komponen tersebut antara lain:

 

Panel Surya / Solar Panel

Panel surya adalah alat yang digunakan untuk mengubah sinar matahari menjadi listrik. Dalam sinar matahari terkandung energi dalam bentuk foton.

Ketika foton ini mengenai permukaan sel surya, elektron-elektronnya akan tereksitasi dan menimbulkan aliran listrik. Prinsip ini dikenal sebagai prinsip fotoelektrik.

Sel surya dapat tereksitasi karena terbuat dari material semikonduktor yang mengandung unsur silikon. Silikon ini terdiri atas dua jenis lapisan sensitif: lapisan negatif (tipe-n) dan lapisan positif (tipe-p).

Terdapat setidaknya dua jenis panel surya yaitu polikristalin dan monokristalin. Panel surya monokristalin merupakan panel yang paling efisien yang dihasilkan dengan teknologi terkini dan menghasilkan daya listrik per satuan luas yang paling tinggi.

Monokristal dirancang untuk penggunaan yang memerlukan konsumsi listrik besar pada tempat-tempat yang beriklim tropis. Kelemahan dari panel jenis ini adalah tidak akan berfungsi baik di tempat yang cahaya mataharinya kurang (teduh), efisiensinya akan turun drastis dalam cuaca berawan.

Panel surya polikristalin merupakan panel surya yang memiliki susunan kristal acak karena difabrikasi dengan proses pengecoran. Tipe ini memerlukan luas permukaan yang lebih besar dibandingkan dengan jenis monokristalin untuk menghasilkan daya listrik yang sama.

Panel surya jenis ini memiliki efisiensi lebih rendah dibandingkan tipe monokristalin, sehingga memiliki harga yang cenderung lebih rendah.

Keunggulan tipe polikristalin adalah panel surya masih dapat mengkonversi energi yang lebih tinggi pada cuaca yang berawan jika dibandingkan dengan tipe monokristalin.

Solar Charge Controller

Solar controller adalah alat yang digunakan untuk mengontrol proses pengisian muatan listrik dari panel surya ke aki dan juga pengosongan muatan listrik dari aki ke beban seperti lampu, inverter, TV, dll.

Terdapat setidaknya dua jenis solar controller yaitu yang menggunakan teknologi PWM (pulse width modulation) dan MPPT (maximum power point tracking). Solar controller PWM akan melakukan pengisian muatan listrik ke aki dengan arus yang besar ketika aki kosong, dan kemudian arus pengisian diturunkan secara bertahap ketika aki semakin penuh.

Teknologi ini memungkinkan aki akan terisi dalam kondisi yang benar-benar penuh tanpa menimbulkan ‘stress’ pada aki. Ketika aki penuh solar controller ini akan menjaga aki tetap penuh dengan tegangan float tertentu.

Untuk membuat rangkaian SHS bisa bekerja, maka tegangan output dari panel surya harus lebih besar daripada tegangan aki yang akan diisi muatan listrik.

Apabila tegangan output panel surya sama atau bahkan malah kurang dari tegangan aki, maka proses pengisian muatan listrik ke aki tidak akan terjadi.

Umumnya panel surya dapat mempunyai tegangan output sekitar 18 volt, masuk ke solar controller yang mempunyai tegangan output antara 14,2 – 14,5 volt untuk pengisian aki 12 volt. Dengan demikian akan terdapat kelebihan tegangan sekitar (18 – 14,5 = 3,5) volt.

Pada solar controller dengan teknologi MPPT, kelebihan tegangan ini akan dikonversikan ke penambahan arus pengisian aki, sehingga teknologi ini mempunyai efisiensi yang lebih tinggi daripada PWM.

ACCU / Aki

Aki adalah media penyimpan muatan listrik. Secara garis besar aki dibedakan berdasarkan aplikasi dan konstruksi. Berdasarkan aplikasi maka aki dibedakan untuk engine starter (otomotif) dan deep cycle.

Aki otomotif umumnya dibuat dengan pelat timbal yang tipis namun banyak sehingga luas permukaannya lebih besar. Dengan demikian aki ini bisa menyuplai arus listrik yang besar pada saat awal untuk menghidupkan mesin.

Aki deep cycle biasanya digunakan untuk sistem fotovoltaik (solar cell) dan back up power, dimana aki mampu mengalami discharge hingga muatan listriknya tinggal sedikit. Jenis aki starter atau otomotif sebaiknya tidak mengalami discharge hingga melampaui 50% kapasitas muatan lsitriknya untuk menjaga keawetan aki.

Apabila muatan aki basah sampai di bawah 50% dan dibiarkan dalam waktu lama (berhari-hari tidak di-charge kembali), maka kapasitas muat aki tersebut akan semakin berkurang sehingga menjadi tidak awet.

Berkurangnya kapasitas muat aki tersebut karena proses pembentukan kristal sulfat yang menempel pada pelat ketika muatan aki tidak penuh (di bawah 50%). Keawetan aki berkaitan dengan banyaknya discharging pada kedua jenis aki.

 

Inverter

Inverter adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah arus DC dari aki menjadi arus AC dengan tegangan umumnya 220 volt. Alat ini diperlukan untuk SHS karena menyangkut instalasi kabel yang banyak dan panjang.

Apabila beban bukan untuk instalasi rumah, misalnya hanya untuk menghidupkan satu lampu atau alat dengan voltase 12 VDC dan tidak menggunakan kabel yang panjang (seperti PJU: Penerangan Jalan Umum), inverter tidak diperlukan.

Apabila jumlah beban banyak dan kabel panjang dan tetap menggunakan arus DC 12 volt tanpa inverter, maka akan banyak sekali listrik yang hilang di kabel (losses).

Selain itu jika menggunakan inverter yang mengubah menjadi arus AC 220 volt, ini akan sesuai dengan listrik PLN sehingga bisa dibuat listrik hibrid (gabungan listrik PLN dan SHS) dengan instalasi kabel dan lampu yang sama.

Terdapat tiga jenis inverter dilihat dari gelombang output-nya yaitu pure sine wave, square wave, dan modified sine wave.
Inverter pure sine wave mempunyai bentuk gelombang sinus murni seperti listrik dari PLN. Bentuk gelombang ini merupakan yang paling ideal untuk peralatan elektronik pada umumnya.

Inverter square wave mempunyai bentuk gelombang kotak sebagai hasil dari proses swicthing sederhana. Bentuk gelombang ini tidak ideal dan dalam banyak kasus dapat merusak peralatan elektronik rumah tangga.

Inverter modified sine wave mempunyai gelombang yang dimodifikasi mendekati bentuk sinus. Bentuk gelombang ini dapat merusak peralatan yang bersifat sensitif.

Inverter square wave sebaiknya dihindari supaya tidak merusak peralatan elektronik, sedangkan inverter modified sine wave sebaiknya tidak digunakan untuk peralatan yang mengubah listrik menjadi gerakan seperti pompa, kipas angin, printer, dll.

Inverter modified sine wave merupakan inverter yang banyak dijual di pasaran, sedangkan inverter pure sine wave jarang ada di pasaran karena harganya yang mahal, sekitar 10 kali lipat harga inverter modified sine wave.

Jarwinn adalah provider solar panel Indonesia beserta komponen-komponen solar system lainnya. Untuk informasi mengenai penawaran harga solar panel Indonesia Jarwinn, anda dapat menghubungi kami melalui nomor dan alamat yang telah kami sediakan di halaman kontak di website ini. Atau isi formulir kontak kami, dan secepat mungkin akan kami respon.

Meteran EXIM untuk Penghematan Listrik Panel Surya

Seiring perkembangan zaman, perkembangan teknologi pun semakin pesat dengan tujuan untuk membantu atau mempermudah bagi kehidupan manusia. Salah satu teknologi yang sedang berkembang pesat adalah panel surya.

Panel Surya berfungsi sebagai salah satu teknolgi penghematan energi listrik yang mudah dan sangat terjangkau bagi konsumen. Akan tetapi, tahukah anda, bahwa terdapat suatu alat yang akan menambah penghematan tagihan listrik anda disamping anda menggunakan panel surya? Alat tersebut dinamakan meteran exim (ekspor-impor) / kwh meter Exim

C:\Users\OWNER\Documents\JARWINN\Laporan Mingguan Telemarketing\WhatsApp Image 2020-03-30 at 08.36.18.jpeg

Gambar 1. Meteran Exim (Ekspor Impor)

Cara Memasang Meteran EXIM

Ya, alat tersebut dinamakan meteran exim (ekspor-impor) atau kwh meter Exim. Adapun penjelasan mengenai cara pemasangan meteran exim adalah sebagai berikut.

Sebelum pemasangan panel surya di rumah anda, teknisi akan survey meteran listrik beserta jalur listrik yang nantinya akan dipasang panel surya.

Jika anda sebelumnya menggunakan meteran piringan, maka anda tidak perlu mengganti ke meteran exim dikarenakan tidak akan menjadikan meteran piringan rusak.

Akan tetapi, terdapat beberapa kasus dimana listrik lebih yang dihasilkan oleh panel surya menjadi beban tagihan listrik anda terhitung pada meteran piringan. Maka anda harus menggunakan limiter yang berfungsi melindungi meteran piringan agar tidak error atau mengganti meteran exim.

Apabila anda menggunakan meteran token sebelum menggunakan panel surya, anda diwajibkan mengganti ke meteran exim dikarenakan akan mengambil pulsa token anda pada meteran token yang menjadikan error.

Meteran exim berfungsi untuk menghitung beban listrik lebih anda yang dihasilkan dari penggunaan panel surya yang selanjutnya dikirimkan ke PLN.

Misalkan anda membayar listrik sebelum menggunakan panel surya sebesar 1,3 Juta, setelah anda menggunakan panel surya, anda mendapatkan penghematan sebesar 800.000 per bulannya yang dikirim ke PLN, maka anda hanya perlu membayar sebesar 500.000 per bulannya.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai kwh meteran EXIM ini, anda dapat menghubungi Jarwinn secara langsung melalui sarana media kontak yang telah kami sediakan.

Solar Panel Untuk Mendapatkan Listrik Gratis

 

Dapatkan SOLAR PANEL untuk mendapatkan listrik gratis hanya di Jarwinn Solar Energy.  

Solar Panel / Panel Surya / Modul Surya adalah suatu perangkat yang dapat menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Listrik yang dihasilkan oleh panel surya masih merupakan Listrik DC. Karena itu perlu adanya komponen tambahan untuk mengubah Listrik DC menjadi Listrik AC karena Listrik AC yang umum digunakan pada peralatan elektronik yang biasanya ada pada bangunan.

Panel surya sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu Polycrystalline dan Monocystalline. Perbedaan antara Polycrystalline dan Monocystalline dapat anda lihat pada artikel kami terdahulu.

Panel Surya sangat memudahkan kita untuk mendapatkan listrik gratis. Saat ini, mayoritas listrik yang digunakan secara umum di Indonesia berasal dari pembangkit listrik dengan tenaga batubara. Masalahnya, proses pengubahan energi dari batubara menjadi tenaga listrik ini mengeluarkan banyak emisi karbon yang merupakan sumber terbesar penyebab terjadinya pemanasan global (global warming).

Dengan menggunakan panel surya maka secara otomatis akan mengurangi terjadinya pemasanasan global dan perusakan alam. Selain itu listrik yang dihasilkan dari panel surya bisa disesuaikan dengan voltage listrik rumah .

Dengan adanya teknologi terbarukan saat ini telah banyak produk yang menggunakan solar panel. Beberapa produk tersebut antara lain seperti Penerangan Jalan Umum (PJU), lampu sorot ,lampu taman ,dan lain sebagainya .

Panel surya pun memudahkan kita memanfaatkan sumber daya yang ada dan tidak merusak alam. Matahari yang kita kenal hanya untuk menyinari bumi sekarang bisa dimanfaatkan lebih baik dengan adanya Solar Panel.